Senin, 11 Maret 2013

Masakan khas Bali

Wisatawan yang pecinta kuliner, mestinya berburu masakan-masakan dengan cita rasa khas selama menghabiskan waktu liburan di Bali. Bali memiliki berbagai olahan makanan tradisional yang mungkin bisa ditemukan diberbagai tempat wisata. Sehingga wisatawan yang sedang dalam perjalanan tour bisa dengan mudah menemukan restaurant/ rumah makan yang menyediakan masakan khas Bali ini, selain disajikan di restaurant juga banyak bisa ditemukan di rumah makan sederhana, warung dan pedagang kaki lima. Pilihan yang beraneka ragam ini bisa dipilih sesuai budget.
Masakan Kuliner di BaliBeberapa masakan khas Bali, yang mungkin perlu dicoba;
  • Ayam/ Bebek betutu; proses pembuatan masakan ini dengan bahan dasar daging bebek atau ayam dengan bumbu bali spesial. Daging dipijat-pijat terlebih dahulu, agar bumbu bisa meresap dengan baik dan lebih gurih. Dibungkus dengan rapi dengan daun pisang atau kelopak daun pinang dan kemudian dimatangkan dengan api sekam.
  • Sate Lilit; menggunakan bahan dasar daging baik dari ikan, ayam dan babi. Daging ditumbuk lebih dulu, dicampur dengan bumbu Bali, bisa ditambah dengan parutan kelapa yang agak muda, kemudian dikepal dan dililitkan pada batang kayu bambu yang sudah dipecah kecil-kecil dan dipanggang, pilihan lainnya daging bisa juga ditusuk (sate tusuk) kemudian dipanggang.
  • Serombotan; terdiri dari sayur-sayuran seperto bayam, kangkung, kubis, kacang panjang, dll, cara menhidangkannya, sayuran ditaburi bumbu di atasnya, pilihan pedas akan terasa lebi enak. Masakan ini bisa ditemukan hampir diseluruh Bali, tapi yang menjadi ikon sayur serombotan adalah kabupaten Klungkung.
  • Jukut Ares; menggunakan bahan dasar pohon pisang yang masing muda, yang paling bagus dari biu batu (pisang batu). Batang pisang diiris-iris setebal 0.5 cm, di taburi dengan garam, ditekan-tekan agar lebih lunak, dibumbui dengan bumbu bali campur dengan daging bisa dengan daging ayam ataupun babi.
  • Babi guling (non muslim saja); makanan ini sangat mudah ditemukan di Bali. Babi dipotong kemudian di guling bisa menggunakan api ataupun open. masakan ini sangat populer di Bali, penyajiannya dibarengi, sate lilit/ tusuk, kuwah (sup) dan lawar yang merupakan masakan khas Bali juga.
Ada juga berbagai makanan lain yang merupakan olahan khas Bali seperti; tipat santok, nasi jinggo, pesan telengis, sambal matah, nasi yasa, nasi tepeng, jukut urab, timbungan, komoh, rujak kuah pindang, rujak cuka dan berbagai macam lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar